Rejected and I have to fix it

Seminggu yang lalu, si Bos memberikan sebuah paper yang disubmit ke sebuah jurnal di tahun 2009 dengan status terakhir “rejected”. Sejak tahun itu sudah beberapa orang yang diminta untuk menyelesaikannya. Ada mahasiswa doktor dan post doc, akan tetapi belum kelar juga. Kebetulan saya kebagian warisan untuk menyelesaikan riset ini. Saat saya masih sebagai mahasiswa doktor, si Bos meminta untuk mengevaluasi kembali metoda yang dikembangkan, akan tetapi dia tidak memberitahu kalau manuskrip nya sudah pernah disubmit ke sebuah jurnal. Setelah bekerja selama beberapa bulan, Saya melaporkan hasil evaluasi dan malah membuat prototipe yang baru. Akan tetapi data penelitian tersebut masih mengendap di file komputer si Bos, karena beliau begitu sibuk sebagai editor, reviewer, lecturer, et cetera.

Si Bos mengirimkan semua data paper termasuk evaluasi dari reviewer lewat email. Seminggu ini, data-data tersebut hanya saya simpan dalam bentuk print out di dalam sebuah map plastik tanpa ada keinginan untuk membacanya. Barusan saya screening dan ternyata di bagian pendahuluan, semua referensi yang digunakan adalah sebelum tahun 2009. Lanjut ke bagian materials dan methods, metodanya menggunakan produk-produk jadul. Akhirnya saya jadi malas lagi dan memasukkan kembali semua data ke dalam map plastik.

Bagian tersulit untuk memperbaiki paper ini adalah mengenai kelebihan metoda jadul tersebut dibandingkan dengan metoda terbaru yang tentunya lebih superior, berikut dengan alasan-alasan masuk akal di bagian pembahasan. Saya tidak yakin bisa memperbaiki dan menyelesaikannya sebelum deadline di January 2018.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s